Petani Seruyan Kesulitan Pasarkan Hasil Panen Padi

id Seruyan, Petani Seruyan, Mekar Indah, Kesulitan Pasarkan Hasil Panen Padi, Hasil Panen Padi, Petani, Kuala Pembuang

Petani Seruyan Kesulitan Pasarkan Hasil Panen Padi

Ilustrasi, (www.antarafoto.com)

Meski panen yang dihasilkan meningkat, namun pemasarannya yang sulit,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Petani di sejumlah wilayah di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mengaku kesulitan untuk memasarkan hasil panen padi, karena musim panen kali ini mengalami peningkatan.

Salah seorang petani di desa Mekar Indah, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Darlan (48), Jumat mengatakan jika sebelumnya hasil panen satu hektare areal persawahan hanya menghasilkan rata-rata tiga ton gabah, maka musim panen kali ini gabah yang dihasilkan bisa mencapai empat ton lebih.

"Meski panen yang dihasilkan meningkat, namun pemasarannya yang sulit," katanya.

Ia menjelaskan, selain kuantitas panen yang meningkat, sulitnya memasarkan hasil panen juga terjadi setelah beberapa pengepul tidak lagi membeli hasil panen dari para petani.

"Informasinya para pengepul tidak lagi membeli hasil panen petani karena mereka sekarang sudah menggeluti usaha yang lain, dan kita tidak tahu lagi mau memasarkan hasil panen ini kemana," katanya.

Ia berharap, pemerintah setempat dapat segera mencari solusi agar hasil panen dapat dipasarkan, dan petani dapat kembali memiliki modal untuk kembali bertani.

"Kami minta pemerintah mencari solusi atas masalah pemasaran yang dihadapi petani, karena selain untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, petani juga perlu modal untuk kembali bertani," katanya.

Sementara Bupati Seruyan Sudarsono mengaku menyurati perusahaan besar swasta agar membantu memasarkan atau menampung hasil pertanian dari para petani untuk memenuhi kebutuhan beras karyawannya.

"Ada banyak desa sentra pertanian di Seruyan yang lokasinya dekat dengan perusahaan, karena itu kita meminta agar perusahaan ini dapat membantu petani dengan ikut memasarkan atau membeli hasil pertanian mereka," katanya.

Selain itu, Pemkab Seruyan juga berencana untuk membentuk perusahaan daerah yang nantinya dapat menjalin kemitraan dengan para petani, terutama dalam hal pemasaran hasil pertanian

"Mudah-mudahan dengan berbagai upaya yang dilakukan, petani di Seruyan tidak lagi kesulitan memasarkan hasil panen," katanya.