Bupati Lamandau Panen Perdana Buah Lengkeng

id lamandau, buah lengkeng

Bupati Lamandau Panen Perdana Buah Lengkeng

Buah lengkeng. (Istimewa)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Bupati Lamandau,  Ir. Marukan melakukan panen perdana buah lengkeng jenis Diamond Paver, Itoh, Dua Jari dan jenis Pingpong di Balai Benih Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Kabupaten Lamandau.

"Panen perdana ini baru pertama kali dilakukan Bupati Marukan," kata Kepala Distanakan Lamandau, Sunarto, di Balai Benih Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Kabupaten Lamandau, jalan komplek perkantoran Bukit Hibul Barat, Rabu (23/3).

Selain Bupati Lamandau, pejabat lainnya yang ikut panen lengkeng Ketua DPRD Lamandau Tommy Hermal Ibrahim, serta sejumlah perwakilan SKPD.

Sunarto mengatakan, tanaman lengkeng ini tumbuh subur di daerah ini dan tentunya dengan perawatan yang baik dan benar. Sedangkan untuk tanaman yang berbuah usianya kurang lebih 4 tahun.

"Tujuan kita adalah mensosialisasikan ke masyarakat sehingga nantinya masyarakat juga dapat membudidayakan taman ini baik di kebun maupun pekarangan rumah," ucap Sunarto.

Ia menyebutkan, dalam panen perdana tersebut ada empat jenis buah kelengkeng yang dipanen. Yakni, kelengkeng jenis Diamond Paver, Itoh, Dua Jari dan jenis Kelengkeng Pingpong.

"Untuk bibit ke empat jenis kelengkeng tersebut didapat dari Pontianak dan Bogor," katanya.

Sementara itu, Bupati Lamandau, Marukan mengaku awalnya tidak cukup optimis buah kelengkeng mampu dibudidayakan dengan baik di tanah Lamandau.

Budidaya lengkeng di kabupaten Lamandau ini memang masih jarang dilakukan. Namun melihat dari hasil tanaman yang dikembangkan tersebut, ke empat jenis ini cocok dan tumbuh subur. dapat dibuktikan dengang hasil yang cukup melimpah pada panen perdana ini.

"Memang sebelumnya saya ragu lengkeng bisa tumbuh di daerah ini. Tapi dengan bukti ini, saya cukup puas dan mengharapkan distanakan untuk terus mengembangkannya atau bahkan melakukan pembinaan khusus kepada masyarakat. Karena ini tentu potensi bagus,” katanya.