Dinkes Lamandau Ajak Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat

id dinkes lamandau, lamandau, musim hujan

Dinkes Lamandau Ajak Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat

Ilustrasi (Istimewa)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Dinas Kesehatan Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah mengajak masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan.

"Hal tersebut penting dilakukan mengingat saat ini kita sedang memasuki musim hujan," Kata Kepala Dinas Kesehatan Lamandau, Jozeb HF Rumouw.

Jozeb HF Rumouw mengatakan, saat musim penghujan seperti sekarang dinilai sangat rentan dengan penyakit malaria, tipes dan demam berdarah dengue (DBD).

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat didaerah itu untuk terus menjaga pola hidup bersih dan sehat serta tidak membuang sampah sembarangan.

Ia mengingatkian untuk masyarakat agar membersihkan lingkungan dan melaksanakan 3M Plus seperti dengan menguras bak mandi, mengubur barang bekas dan menutup rapat tempat penampungan air serta memberi bubuk larvasida agar nyamuk tidak berkembang biak.

"Gunakan kelambu dan anti nyamuk saat tidur, di samping itu juga menjaga pola makan dan hidup sehat," tambah dia.

Ia berharap sebelum tahun 2018 mendatang Kabupaten Lamandau bisa bebas malaria, seperti yang telah dicanangkan oleh Gubernur Kalimantan Tengah.