Bupati Lamandau: Libatkan Lebih Banyak Generasi Muda

id lamandau, festival seni budaya

Bupati Lamandau: Libatkan Lebih Banyak Generasi Muda

Bupati Lamandau Ir Marukan. (Istimewa)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Bupati Lamandau Marukan meminta festival seni budaya pada tahun depan lebih banyak pesertanya dan mengikutsertakan generasi muda agar mereka terlibat dalam pelestarian seni dan budaya setempat.

"Saya berharap tahun depan pesertanya lebih banyak dan generasi muda dilibatkan, sehingga mereka merasa memiliki seni budaya ini, yang akhirnya muncul rasa mencintai budaya daerahnya," kata Marukan saat pembukaan Festival Seni Budaya tingkat Kabupaten Lamandau tahun 2015, Kamis (12/11).

Dalam pembukaan yang dihadiri forum komunikasi pimpindan daerah (FKPD) itu ditampilkan pawai peserta di Jalan Tjilik Riwut, depan lapangan Kertawanan Kota Nanga Bulik. Festival seni budaya itu diikuti tidak hanya suku asli setempat, Dayak Tomun, namun ikut memeriahkan adalah paguyuban suku-suku Nusantara yang ada di Lamandau.

Bupati Lamandau mengatakan, pembangunan seni budaya tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah saja, tetapi pemangku kepentingannya adalah semua pihak, termasuk masyarakat, pemerintah desa dan pemerintah kecamatan.

Sebelumnya Kadis Parsenibud Lamandau, Charles Rakam,mengatakan, pada hari kedua dilanjutkan dengan lomba olahraga tradisional seperti gasing, balogo, catuk kepala haruan, lawang kori atau lawang sekepeng,  lomba masakan daerah dan mamanggam

"Selain itu, ada pula lomba lagu daerah dan pemilihan bujang dara pariwisata serta lomba tarian suku, yang juga dimeriahkan tarian dari daerah NTT dan kuda lumping," ungkapnya.

Ia berharap masyarakat dapat berbondong-bondong menyaksikan kegiatan ini. Karnaval budaya ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat untuk lebih mencintai kesenian dan budaya daerah.

"Ini akan dijadikan event tahunan, sehingga dapat menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke Lamandau," ujarnya.

Tahun depan, kata Charles sesuai arahan Pak Bupati Lamandau, bentuknya akan diubah menjadi pekan olahraga seni dan budaya daerah dalam format yang baru, dimulai dari masing-masing kecamatan dan pemenangnya akan dilombakan pada tingkat kabupaten, agar setiap tahun punya agenda tetap dalam skala besar untuk memancing wisatawan lokal dan mancanegara, dibantu promosi dari biro perjalanan yang ada di Kotawaringin Barat.