Bupati Barsel: Pramuka Telah Berpartisipasi Dalam Pembangunan

id Bupati Barsel, Farid Yusran, gerakan pramuka Barsel

Bupati Barsel: Pramuka Telah Berpartisipasi Dalam Pembangunan

Bupati Barsel, Ir HM Farid Yusran, MM saat memantau perkemahan di Bumi Perkemahan Lalemu Lewas desa Sababilah, Kamis (27/8). (FOTO ANTARA Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah HM Farid Yusran menyebutkan bahwa gerakan pramuka selama ini telah ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

Gerakan pramuka juga ikut memperkuat persatuan dan kesatuan berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila, katanya pada acara pembukaan kemah Bhakti Pramuka tingkat provinsi di Bumi Perkemahan Lalemu Lewas Desa Sababilah, Barito Selatan, Kamis.

Menurut Farid Yusran, hal tersebut diharapkan dapat dilakukan secara terus menerus oleh gerakan pramuka sebagai wujud kepeduliannya akan kepentingan bangsa dan negara ini.

"Mengingat pada abad demokratisasi dan era globalisasi, kita dihadapkan dengan tantangan seperti bencana alam secara beruntun, kemiskinan dan sempitnya lapangan kerja serta berkurangnya sumber daya alam," ucapnya.

Oleh karena itu, melalui HUT Pramuka yang ke 54 ini, kita perlu mempersiapkan pramuka sebagai kader bangsa dengan memperkuat kemampuannya untuk mandiri.

Dalam memperkuat kemampuannya itu lanjut dia dengan berbekalkan pengetahuan serta ketrampilan, bertaqwa dan berbhakti serta mandiri untuk membangun hidup yang sehat.

Melalui semboyan Ikhlas Bhakti bina bangsa, berbudi bawa laksana, mari kita mantapkan semangat untuk bhakti diri demi masa depan bangsa Indonesia yang kita cintai ini, pinta Farid Yusran.

Sementara ketua panitia Raden Sudarto dalam laporannya menyampaikan kegiatan memperingati hari pramuka ke 54 tingkat provinsi Kalteng ini berlangsung dari tanggal 27-29 Agustus 2015.

Pada tanggal 27 Agustus acara pembukaan perkemahan, pada tanggal 28 kegiatan Ulang Janji dan tanggal 29 upacara peringatan hari Pramuka ke 54 tingkat provinsi, jelasnya.

Acara pembukaan kemah bhakti pramuka yang berlangsung di Bumi Perkemahan Lalemu Lewas desa Sababilah itu dihadiri Wakil Bupati Satya Titiek Atyani Djoedir, Forum Koordinasi pimpinan daerah dan sejumlah kepala SKPD setempat.