DPRD Didesak Rekomendasikan Siun Plt Gubernur Kalteng

id siun jarias, sekda kalteng, dewan adat dayak

DPRD Didesak Rekomendasikan Siun Plt Gubernur Kalteng

Sekda Kalteng Siun Jarias. (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - DPRD Kalimantan Tengah didesak agar merekomendasikan Siun Jarias sebagai pelaksana Tugas Gubernur Kalteng, pasca berakhirnya masa jabatan Agustin Teras Narang bersama Achmad Diran, Selasa (4/8).

Desakan tersebut disampaikan puluhan masyarakat dari berbagai elemen termasuk Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng saat melaksanakan aksi damai di depan Kantor DPRD Kalteng di Palangka Raya, Selasa.

"Siun Jarias merupakan Sekda Pemprov Kalteng dan telah eselon 1, sehingga telah memenuhi persyaratan sebagai Plt Gubernur. DPRD Kalteng harus merekomendasikan ke Kementerian Dalam negeri," kata Koordinator demontrasi Delfi Ambu.

Menurut puluhan masyarakat tersebut sesuai ketentuan yang berlaku, maka kondisi rill daerah dan akal sehat dalam membangun sinergitas Pusat-Daerah diperlukan kepala daerah mengenal dan dikenal daerah tersebut.

Delfi mengatakan, Pemerintah Pusat dalam membangun NKRI lebih mengurangi model sentralistik, namun lebih member kesempatan kepada daerah untuk berkembang dan mengembangkan diri secara maksimal.

"Keadaan masyarakat Kalteng sekarang ini sedang bergairah untuk ikut ambil bagian membangun NKRI, sehingga ini lebihakan lebih maksimal jika memanfaatkan segala potensi daerah yang dimiliki," ucapnya.

Koordinator demontrasi itu mengatakan, apabila yang dikhawatirkan Pj Gubernur akan tidak netral karena ada petahana ikut pemilihan Gubernur, maka untuk peserta Pilgub Kalteng tahun 2015 ini tidak ada petahana.

Dia menyebut penunjukan putra daerah menjabat Plt Gubernur juga dimaksudkan untuk tetap menjaga kesinambungan pembangunan dan pemerintahan, serta kehidupan harmonis antar sesame anggota masyarakat Kalteng.

"DPRD Kalteng harus merekomendasikan dan memberikan pertimbangan kepada Kemendagri. Kalau Kemendagri tidak merealisasikannya, kita akan terus turun ke jalan agar putra daerah bisa jadi Plt Gubernur Kalteng," demikian Delfi.