UPTD Damkar Barito Selatan Kekurangan Jumlah Personil

id damkar barsel, pemadam kebakaran

UPTD Damkar Barito Selatan Kekurangan Jumlah Personil

Para petugas UPTD Pemadam Kebakaran Barito Selatan. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Unit Pelaksana Teknis Daerah Pemadam Kebakaran Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah masih kekurangan jumlah personil.

Jumlah petugas yang ada 26 orang termasuk kepala UPTD dan dua orang bagian administrasi yang merangkap sebagai anggota pemadam, kata Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Barsel, Untung Purbaya di Buntok, Selasa.

Padahal menurut dia, untuk satu unit mobil pemadam seharusnya ditangani minimal oleh enam orang yang mana terdiri dari satu orang sopir dan satu pengendali kompa.

Dua orang petugas penyambung slang dan dua orang lainnya lagi bertugas menembakkan air untuk memadamkan api pada saat terjadi kebakaran, jelas dia.

Menurutnya, untuk jumlah mobil pemadam kebakaran yang ada di UPTD Damkar Barsel saat ini sebanyak enam unit yang ditambah dengan satu unit mobil pemandu jenis pick up.

"Kalau dilihat dari jumlah petugas dengan jumlah mobil yang ada, tentu kita masih kekurangan personil antara 16 hingga 19 orang," katanya.

Ia mengharapkan kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) Barsel khususnya pihak Badan Kepegawaian Pendidikan dan pelatihan (BKPP) dapat memperhatikan kekurangan itu.

Jika memungkinkan, PNS yang memenuhi standart kualifikasi aparatur pemadam yang berada disejumlah SKPD dapat ditempatkan ke UPTD Damkar sehingga bisa menutupi kekurangan jumlah personilnya, ujar Untung Purbaya.