Truk Angkut Sawit Terbalik Hantam Rumah Warga

id truk terguling, kecelakaan truk, truk

Truk Angkut Sawit Terbalik Hantam Rumah Warga

Sebuah Truk bermuatan buah kelapa sawit yang terbalik saat akan menaiki tanjakan dan menghantam rumah warga di tepi jalan di Kelurahan Jingah Kecamatan Teweh Baru Kabupaten Barito Utara, Selasa . (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Satu truk pengangkut tandan buah sawit (TBS) terbalik dan menghantam dua rumah warga serta satu unit mobil di kawasan Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Truk dengan nomor polisi KH 1858 EA yang disopiri Suprapto warga Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur terbalik tepatnya di tanjakan kilometer 1 Jalan Negara Muara Teweh - Banjarmasin pada Selasa (4/8) dinihari sekitar pukul 01.30 WIB.

"Kecelakaan lalulintas tersebut terjadi karena truk yang dikemudikannya mengalami kerusakan saat menaiki tanjakan kedua bukit Dermaga," kata sopir truk Suprapto kepada wartawan di lokasi kejadian.

Mungkin karena tenaga truk berkurang saat naik tanjakan yang terjal sehingga truk meluncur mundur ke belakang.

Masih beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, truk hanya menghantam dua rumah dan satu unit mobil Kijang dengan Nopol KH 1011 E yang ada di lokasi itu.

"Saat berada di atas tanjakan has mobil truk patah. Saya sudah mencoba untuk menginjak rem agar truk berhenti, namun remnya juga tidak mampu dan mobil truk meluncur mundur dan terbalik serta menabrak rumah warga," katanya.

Menurut Suprapto, buah kelapa sawit milik perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Multi Persada Gatra Megah (MPGM) yang dibawanya dari Kilometer 32 Jalan Negara Muara Teweh-Puruk Cahu itu akan dibawa ke Sampit.

"Saat ini saya sedang menunggu kedatangan teman untuk memindahkan buah-buah sawit ini. Karena jika tidak dipindahkan akan menyulitkan saat evakuasi," ucapnya.

Sementara itu, Bahtiar salah seorang korban yang rumah dan mobilnya rusak akibat truk yang terbalik mengatakan saat kejadian dirinya beserta keluarganya sedang tidur. Tiba-tiba sekitar kurang lebih pukul 01.30 Wib, dirinya dikejutkan dengan satu truk yang terbalik dan menghantam rumahnya.

"Saat itu saya sudah tidur dan terbangun mendengar suara. Setelah saya cek keluar, rumah dan mobil saya rusak karena hantaman truk yang terbalik," katanya.

Bahtiar berharap, tanggung jawab dari sopir truk yang membawa buah sawit tersebut, dalam artian mengganti kerusakan rumah dan mobilnya. Pantauan lapangan, tampak anggota Satlantas Polres Barito Utara sedang melakukan pemeriksaan terhadap truk bermuatan sawit tersebut.