Barito Utara Terima Dana Desa Rp25,9 Miliar

id Barito Utara Terima Dana Desa Rp25,9 Miliar

Barito Utara Terima Dana Desa Rp25,9 Miliar

Bupati Barito Utara Nadalsyah (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) menerima dana Alokasi Dana Desa sebesar Rp25,9 miliar.

"Dana itu nantinya akan disalurkan dalam tiga tahap yang rincian per desa akan diinformasikan lebih lanjut oleh instansi terkait dalam hal ini BPMD Kabupaten Barito Utara," kata Bupati Barito Utara Nadalsyah saat memberikan arahan pada rakor Camat dan Kepala Desa se- Barito Utara di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Nadalsyah, syarat untuk pencairan dana tersebut adalah pemerintah desa harus membuat RPJMDes, RKPDes dan APBDes dan secepatnya dimusyawarahkan bersama tingkat desa.

Bupati Nadalsyah mengatakan, pemerintah Kabupaten Barito Utara pada tahun anggaran 2015 mengalokasikan insentif ketua RT se-Barito Utara sebesar Rp200.000 per bulan, naik dari tahun sebelumnya Rp75.000 melalui Bank Pembangunan Kalteng.

Kepada para Camat dan Kepala Desa/Lurah diharapkan dapat mengarahkan serta menjelaskan tata cara dan mekanisme pencairannya kepada seluruh ketua RT sehingga tidak ada keterlambatan serta kesalahan.

"Dengan dianggarkannya insentif ketua RT dari Pemerintah Kabupaten Barito Utara, diharapkan seluruh ketua RT dapat berperan aktif serta memacu semangat dalam ikut memajukan pembangunan di Kabupaten Barito Utara yang kita cintai ini," ujar Nadalsyah.