Tokoh Kahayan Dukung Siun Jadi Gubernur Kalteng

id pilkada kalteng, siun, sekda kalteng, gubernur kalteng, kahayan

Tokoh Kahayan Dukung Siun Jadi Gubernur Kalteng

Ilustrasi (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Sejumlah tokoh masyarakat dari aliran sungai Kahayan Provinsi Kalimantan Tengah mendukung Siun Jarias maju menjadi gubernur di provinsi setempat untuk periode 2015-2020.

Siun yang sekarang ini menjabat Sekretaris Daerah Kalteng tentunya telah berpengalaman dan mengerti langkah untuk memajukan provinsi ini, kata perwakilan tokoh Kahayan Idelson G Tumon di Palangka Raya, Senin.

"Sampai sekarang Siun kan tidak ada tersangkut korupsi atau permasalahan lainnya. Jadi, kami menganggap Siun layak melanjutkan jabatan Gubernur yang sekarang ini masih dijabat Agustin Teras Narang," tambahnya.

Kesediaan Siun Jarias menjadi Calon Gubernur, karena mayoritas masyarakat di kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas, Seruyan, Katingan, Pulang Pisau, Kapuas maupun Barito Timur mengharapkannya.

Idelson mengakui, pencalonan Siun akan berdampak pada jabatannya sebagai sekda Pemprov Kalteng. Sebab, menurut aturan yang berlaku, PNS wajib mengundurkan diri apabila menjadi calon Kepala Daerah.

"Ini juga menjadi ujian bagi Siun Jarias, apakah rela meninggalkan jabatannya agar bisa menjadi pemimpin atau tidak. Intinya, masyarakat sangat menginginkan Siun menggantikan Teras Narang," kata Idelson.

Secaraa terpisah, Siun Jarias mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas harapan maupun dukungan yang disampaikan para tokoh termasuk masyarakat untuk menjadikannya sebagai Gubernur Kalteng periode 2015-2020.

Dia meminta apabila benar ada masyarakat yang menghendaki maju, diperlukan bukti serius dengan mengumpulkan KTP sesuai dengan yang dipersyaratkan 8,5 persen atau sekitar 208 ribu dukungan se Kalteng.

"Kalau saya maju, pasti melalui independent dan bukan partai. Saya sepenuhnya menyerahkan kepada masyarakat. Kalau masyarakat menghendaki saya maj, dan ada bukti dukungan cukup, saya siap melaksanakan," demikian Siun. *