Wabup Kobar Proaktif Serap Aspirasi Masyarakat di Lapangan

id wabup kobar, bambang purwanto, asn

Wabup Kobar Proaktif Serap Aspirasi Masyarakat di Lapangan

Wakil Bupati Kotawaringin Barat Bambang Purwanto saat dalam perjalanan menuju keramba ikan dengan menggunakan klotok (perahu) belum lama ini. (Foto Alfa)

Pangkalan Bun (Antara Kalteng) –  Bagi Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat yang dipimpin Bupati Ujang Iskandar dan dan Wakil Bupati Bambang Purwanto, menyerap aspirasi masyarakatnya tidak perlu menunggu pasif di kantor saja, tetapi harus juga proaktif dengan meninjau ke lapangan.

Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Bambang Purwanto, belum lama ini melakukan inspeksi mendadak ke beberapa proyek, di antaranya ke kawasan keramba ikan di bantaran Sungai Arut, Kecamatan Arut Selatan, untuk melihat langsung perkembangan usaha para petani keramba ikan itu.

“Tidak semua masyarakat mampu berkomunikasi dengan aparat negara, karena itu tugas kita untuk menjemput bola dalam menyerap aspirasi masyarakat itu, dan membuat program untuk memenuhi keinginan masyarakat tersebut,” ujar Bambang saat dalam perjalanan menuju keramba ikan dengan menggunakan klotok (perahu).

Menurut Bambang, sikap melayani dan bukan dilayani itu merupakan tugas pokoknya seorang pemimpin atau sikap Aparatur Sipil Negara (ASN), selaku abdi negara dan abdi masyarakat.

Dengan berkomunikasi secara proaktif ke warga yang dipimpinnya, maka pemimpin akan mengetahui apa saja yang menjadi keinginan ataupun masukan untuk pembangunan. “Kalau kita tidak jemput bola, mana kita tahu apa yang menjadi kelemahan pemerintahan ini di lapangan,” terang Bambang.

Bambang menegaskan,  dirinya sudah sering kali mengingatkan kepada seluruh ASN, untuk menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, sehingga rencana pembangunan dapat berjalan dengan baik di lapangan dan merata dapat dinikmati oleh masyarakat.