Legislator Harap Guru Jadi Contoh Teladan Murid

id Legislator Harap Guru Jadi Contoh Teladan Murid, Yusran,

Legislator Harap Guru Jadi Contoh Teladan Murid

Ilustrasi, (Istimewa)

Kepribadian yang mantap dari sosok seorang guru akan memberikan teladan yang baik terhadap anak didik maupun masyarakatnya..."
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kalangan anggota DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah berharap guru yang ada di daerah itu bisa menjadi contoh teladan yang baik bagi muridnya, bukan malah sebaliknya.

"Saya ingin para guru baik yang mengajar dari tingkat SD hingga SMA mampu berakhlak mulia dapat memberikan contoh teladan yang baik dan positif," kata anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Yusran di Palangka Raya, Sabtu.

Ia mengungkapkan, guru sebagai tenaga pendidik yang tugas utamanya mengajar, memiliki karakteristik kepribadian yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan sumber daya manusia

"Kepribadian yang mantap dari sosok seorang guru akan memberikan teladan yang baik terhadap anak didik maupun masyarakatnya, sehingga guru akan tampil sebagai sosok yang patut di tiru," ucapnya.

Pihaknya juga menilai selama ini masih ada beberapa guru di daerah itu yang perbuatannya tidak memberikan contoh yang baik, malah membuat institusi malu atas perbuatannya.

Dia mencontohkan, seperti guru yang masih mau mengedar obat-obatan terlarang, melakukan tindakan asusila dan sebagainya.

"Masalah inilah yang perlu diperhatikan bersama-sama. Sebab, kepribadian guru merupakan faktor terpenting bagi keberhasilan belajar anak didik, bukan malah sebaliknya," kata Yusran.

Oleh sebab itulah, peran eksekutif, legislator hingga masyarakat luas bisa ikut ambil bagian dalam keberhasilan guru yang ada di "Kota Cantik" Palangka Raya.

Jangan sampai kalangan guru yang ada di kota Palangka Raya ini dinodai dengan perbuatan-perbuatan yang tiak terpuji.

"Seseorang guru harus memiliki kepribadian yang mantap, stabil. Ini penting karena banyak masalah pendidikan yang disebabkan oleh faktor kepribadian guru yang kurang mantap dan kurang stabil," demikian, Yusran.


(T.KR-RON/B/N005/N005)