Pemkab Lamandau Latih Humas SKPD Kabupaten

id Pemkab Lamandau Latih Humas SKPD Kabupaten, Imanuel, SH, M.A.P,

. . .Berbagai informasi yang disiarkan melalui portal diharapkan menjadi daya tarik peminatnya,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah akan menggelar pelatihan tenaga kehumasan di satuan kerja perangkat daerah sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia bidang pelayanan publik di masa mendatang. 

Kabag Humas Setda Lamandau Imanuel, SH, M.A.P yang dihubungi via telepon seluler dari Palangka Raya, Rabu mengatakan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang kehumasan sangat diperlukan seiring dengan perkembangan dunia teknologi informasi dewasa ini.

  Imanuel mengatakan, pelatihan itu dimaksudkan untuk meningkatkan SDM bidang teknologi informasi, terutama terkait upaya menyiapkan informasi melalui media seperti portal informasi dan tata naskah dinas di lingkungan SKPD di kabupaten yang dibentuk sejak sekitar 12 tahun silam tersebut.

"Perkembangan teknologi informasi saat ini diharapkan dapat semakin memudahkan pengguna dalam melakukan akses terhadap informasi dan fasilitas lain yang disediakan. Berbagai informasi yang disiarkan melalui portal diharapkan menjadi daya tarik peminatnya," katanya.

Sebelumnya, pemerintah kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) itu telah melaksanakan pelatihan bagi pengelola website di lingkungan SKPD. Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Lamandau Drs Arifin LP. Umbing, M.A.P.

Menurut dia, perkembangan teknologi informasi dewasa ini dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah sistem komunikasi dan informasi sebagai media interaktif komunikasi efektif seperti website karena kini dapat diakses kapan dan di mana pun.

Oleh karena itu, website sebagai media komunikasi dan interaksi dengan masyarakat yang mencari informasi terbaru terkait perkembangan daerah dinilai penting. Website juga bisa menjadi jembatan dalam mempertemukan antarastakeholder terkait pembangunan daerah.

"Kemajuan teknologi informasi bisa diaplikasikan dalam penyelenggaraan pemerintah sebagai upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik guna meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien," katanya.

Imanuel mengatakan, pelatihan bidang teknologi informasi ini akan memberi dampak positif karena SDM pascamengikuti pelatihan diharapkan dapat mengisi website dengan data-data terbaru seperti visi dan misi, pelayanan, profil SKPD, dan potensi daerah itu sendiri.

  "Kami merencanakan pelatihan ini dapat terlaksana dengan baik, sehingga SDM bidang teknologi dan informasi mampu bekerja mengisi berbagai informasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat regional dan nasional, dan bahkan internasional," demikian Imanuel. 




 (T.S019/B/T007/T007)