Pemkab Lamandau Kirim Peserta Sumpah Pemuda 2014

id Pemkab Lamandau Kirim Peserta Sumpah Pemuda 2014

Pemkab Lamandau Kirim Peserta Sumpah Pemuda 2014

Pemkab Lamandau mengirim sebanyak 1.000 pemuda untuk mengikuti ikrar bersama anak bangsa pada hari Sumpah Pemuda tingkat provinsi yang berlangsung di Kabupaten Murung Raya, Puruk Cahu (FOTO Humas Lamandau)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Pemerintah kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah mengirim pemuda untuk mengikuti ikrar bersama anak bangsa pada hari Sumpah Pemuda tingkat provinsi yang berlangsung di Kabupaten Murung Raya, Puruk Cahu.

Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap patriotisme generasi muda Kabupaten Lamandai di masa mendatang, kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lamandau Drs Afirin LP Umbing, M.A.P seperti dikutip Kabag Humas Imanuel, SH, M.A.P di Nanga Bulik, Selasa.

Ikrar bersama anak bangsa se Kalimantan Tengah merupakan momen sangat berharga guna menggugah kembali semangat juang kaum muda provinsi ini, khususnya Kabupaten Lamandau, kata Sekda Drs Afirin LP. Umbing, M.A.P saat melepas rombongan tersebut.

“Pada 28 Oktober 2014 kurang lebih 1.000 pemuda melakukan Ikrar Bersama Anak Bangsa untuk tetap setia dan menjunjung tinggi Pancasila sebagai ideologi bangsa,” kata Sekda Lamandau Drs Afirin LP Umbing, M.A.P

Lebih lanju Sekda mengatakan bahwa Ikrar Bersama Anak Bangsa juga menjadi tolak ukur bagi pemerintah untuk menanamkan kembali nilai-nilai luhur Pancasila secara berkelanjutan kepada kaum muda sebagai penerus pembangunan di masa mendatang.

“Tujuan dari ikrar ini untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Ikrar bersama anak bangsa merupakan satu solusi dan diharapkan bisa membuka ruang bagi masyarakat untuk bersatu lebih kokoh demi menghambat terjadinya perpecahan bangsa Indonesia,” katanya.

Tanpa disadari semangat juang yang dipelopori pemuda bangsa pada 28 Oktober beberapa puluh tahun yang silam mulai memudar dan nyaris hilang. Hal ini ditandai dengan maraknya tawuran antarpelajar, anarkhisme dan penyimpangan moral lainnya.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Sekda Kabupaten Lamandau Drs Afirin LP. Umbing, M.A.P juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Kalimantan Tengah karena telah mendeklarasikan “Bumi Tambun Bungai” sebagai Bumi Pancasila.

“Dengan adanya deklarasi ini kegiatan ikrar bersama anak bangsa menjadi program yang rutin dilakukan setiap tahunnya oleh Provinsi Kalimantan Tengah,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Drs Heru Priyono menjelaskan bahwa Ikrar bersama anak bangsa dilaksanakan di Puruk Cahu Kebupaten Murung Raya yang diikuti pemuda yang berasal dari 14 Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalimantan Tengah.

“Dari Kabupeten Lamandau peserta sebanyak 70 orang, yang berasal dari pelajar tingkat SMA dan Mahasiswa,” kata Drs Heru Priyono.