Bupati Lamandau Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

id Bupati Lamandau Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Nanga Bulik (Antara Kalteng) – Bupati Lamandau Ir Marukan memimpin upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di halaman kantor Kesbangpolinmas, diikuti pejabat dan pelajar berbagai sekolah di daerah tersebut.

Upacara yang berlangsung singkat dan khitmad dengan bertemakan “Penguat Nilai-Nilai Pancasila untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi” ini merupakan momentum yang tidak lepas dari peristiwa G30S PKI, kata Kabag Humas Setda Lamandau Imanuel, SH, M. AP di Nanga Bulik, belum lama ini.

“Peringatan ini diselenggarakan agar kita mengingat kembali, merenungkan peristiwa yang merongrong kedaulatan bangsa Indonesia, di antaranya gerakan 30S PKI. Sampai sekarang kita bisa tetap eksis dengan dasar Pancasila,” kata Marukan seperti dikutip Kabag Humas Imanuel.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan bahwa upacara yang berjalan cukup singkat tetapi cukup memberikan makna yang luar biasa, dimana semua warga Negara harus melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk mengisi kemerdekaan.

“Sesuai dengan tugas dan fungsi kita, menjalankannya dengan baik untuk melanjutkan  perjuangan para pahlawan dan kita mengisi kemerdekaan dengan melanjutkan pembangunan sesuai dengan dasar kita, Pancasila,” katanya.

Bupati juga mengingatkan bahwa masyarakat tidak boleh membeda-bedakan baik itu suku, ras ataupun agama karena itu seluruh warga harus bersatu padu untuk mewujudkan pembangunan sesuai harapan pahlawan kemerdekaan Indonesia.

Upacara itu diisi dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan. Selain itu juga ada pembacaan teks pancasila oleh Bupati Lamandau Ir Marukan dan pembacaan ikrar oleh Ketua DPRD H Tommy Hermal Ibrahim.