Hargai Pengorbanan Pahlawan Kemerdekaan Indonesia

id Wakil Bupati Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah Drs H Sugiyarto, M. A.P, Hargai Pengorbanan Pahlawan Kemerdekaan Indonesia

Hargai Pengorbanan Pahlawan Kemerdekaan Indonesia

Wakil Bupati Kabupaten Lamandau Drs H Sugiyarto (Foto Humas Lamandau)

Nanga Bulik, (Antara-Kalteng)  - Wakil Bupati Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah Drs H Sugiyarto, M. A.P mengajak masyarakat menghargai pengorbanan pahlawan kemerdekaan Indonesia melalui kegiatan pembangunan di daerah tersebut, Minggu.

Saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 RI yang berjalan lancar itu Wabup mengatakan, ikut berpartisipasi mendukung berbagai program pembangunan di kabupaten ini sebagai bentuk menghargai perjuangan pahlawan Indonesia.

Rangkaian upacara memperingati kemerdekaan 17 Agustus 1945 pada 2014 di kabupaten pemekaran 12 tahun silam itu ditandai pengibaran bendera merah putih yang dilakukan generasi muda dalam wadah pasukan pengibar bendera (paskibra) daerah tersebut.

“Upacara ini mengingatkan kita kepada masyarakat dan pemuda bahwa inilah salah satu bentuk yang bernilai untuk menghargai perjuangan para pahlawan kemerdekaan kita,” kata Wakil Bupati H Sugiyarto setelah menjadi inspektur upacara itu.

Dulu kemerdekaan Indonesia direbut dengan pengorbanan jiwa, dan sekarang bangsa negeri ini harus mengimplementasikan dalam karya nyata melalui upaya melanjutkan cita-cita pejuang kemerdekaan, yakni pembangunan bagi kemajuan di masa mendatang.

Keikutsertaan masyarakat dalam berbagai program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah di daerah ini, berarti bangsa Indonesia di kabupaten Lamandau menghargai apa yang dilaksanakan dan dihasilkan pahlawan 69 tahun silam.

“Upacara kemerdekaan ini mengandung makna memberikan kesadaran para pelajar, pemuda dan  masyarakat bahwa renungan detik-detik kemerdekaan ini tidak bisa dilupakan karena ini merupakan bentuk mengenang jasa para pahlawan,” kata orang nomor dua di Lamandau itu.

Wabup mengatakan, pengibaran bendera merah putih setiap 17 Agustus sebagai upaya mengingatkan bangsa Indonesia terhadap perjuangan pahlawan, dan sekaliguas penghormatan terhadap lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Upacara ini juga mengingatkan kepada pegawai negeri sipil (PNS) dan masyarakat untuk mengisi dan melanjutkan pembangunan yang sudah dirintis oleh para pahlawan kita dan kita kenang kembali nilai-nilai luhur perjuangan mereka,” katanya.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan cindera mata kepada veteran Kabupaten Lamandau Gusti Usman dan penyerahan penghargaan satya lancana karya satya, serta penyerahan penghargaan juara lomba desa tingkat Kabupaten Lamandau tahun 2014.

Sore harinya dilakukan upacara penurunan bendera yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kabupaten Lamandau AKBP Yus Nurjaman, S.IK.