Wabup Pimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-53

id Wakil Bupati Lamandau Drs H Sugiyarto, M.A.P., Pemerintah Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah menggelar acara memperingati hari Pramuka ke-53 ...

Wabup Pimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-53

Ilustrasi,(FOTO Humas Lamandau)

Nanga Bulik (Antara-Kalteng) – Pemerintah Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah menggelar acara memperingati hari Pramuka ke-53 di halaman Dinas Pendidikan dan Pengajaran, Kamis (14/8) yang dipimpin Wakil Bupati Lamandau Drs H Sugiyarto, M.A.P.

Pimpinan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Dr H Adhyaksa Dault, M. Si dalam sambutannya yang dibacakan Wabup Sugiyarto berharap dengan peringatan Hari Pramuka dapat mendorong perkembangan dan kemandirian gerakan pramuka untuk mempercepat keberhasilan pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa.

“Manusia adalah faktor utama penentu kemajuan bangsa. Untuk itulah kita ingin membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat, “ kata Wakil Bupati Lamandau Drs H Sugiyarto, M.A.P.

Revitalisasi Gerakan Pramuka terlah berjalan delapan tahun yang bertujuan untuk memantapkan eksistensi Gerakan Pramuka dan untuk meningkatkan fungsi gerakan pramuka.

“Delapan tahun ini telah terlihat hasil yang cukup menggembirakan. Namun demikian masih besar tantangan yang dihadapi oleh Gerakan Pramuka dan kaum muda Indonesia, “ katanya.

Wabup mengatakan, kaum muda dihadapkan dengan dua masalah besar, yaitu terkait masalah sosial dan masalah kebangsaan.

“Masalah sosial itu sendiri meliputi penggunaan NAPZA dan obat terlarang, hubungan seksual  pra nikah dan aborsi yang disebabkan pergaulan bebas, perkelahian, tawuran dan kekerasan serta kriminalitas remaja,” ujarnya.

Sedangkan masalah kebangsaan, meliputi solidaritas sosial rendah, semangat kebangsaan rendah, semangat bela Negara rendah, dan semangat persatuan serta kesatuan rendah.

“Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, peranan Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal dapat membentuk kaum muda berkarakter, menanamkan semangat kebangsaan dan meningkatkan keterampilan,” katanya.

Hari pramuka ke-53 ini mengambil tema “Mantapkan pembentukan karakter kaum muda melalui gugus depan terakreditasi.

“Dari tema ini menunjukan bahwa komitmen Gerakan Pramuka sangat tinggi terhadap pembentukan karakter bangsa yang lebih baik,” katanya.

Senada dengan Wakil Bupati, Ketua Kuarcap Kabupaten Lamandau Dra Misiprah mengatakan bahwa kuarti cabang gerakan pramuka Kabupaten Lamandau tetap mendorong para pramuka untuk berkarya, berprestasi,  dan berkreasi, agar mereka melupakan hal-hal yang negatif

“Diharapkan generasi kita tidak tercemar hal-hal yang negatif, seperti penggunaan obat terlarang, “ katanya.