Lamandau Raih Adipura Taman Kota Terbaik 2014

id Logo Kabupaten Lamandau, Lamandau Raih Adipura Taman Kota Terbaik 2014, Pemerintah Kabupaten Lamandau

Lamandau Raih Adipura Taman Kota Terbaik 2014

Ilustrasi, Logo Pemerintah Kabupaten Lamandau. (Istimewa)

Ini sesuai program pemerintah daerah yang berupaya menyediakan fasilitas umum dalam bentuk sarana dan prasarana taman kota untuk masyarakat berlibur...
Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah, berhasil meraih plakat Adipura 2014 kategori Taman Kota terbaik tingkat Nasional untuk Taman Rusa yang terdapat di daerah tersebut.

Kabag Humas Lamandau Imanuel dari Nanga Bulik, Rabu, mengatakan, penghargaan yang baru pertama sekali diraih pemerintah kabupaten (Pemkab) pemekaran sekitar 12 tahun silam tersebut diterima Wakil Bupati Drs H Sugiyarto, M.AP di Jakarta, pekan lalu.

"Estetika bangunan taman rusa yang di Lamandau memenuhi standar. Hal inilah yang menjadikan taman rusa kami mendapakan plakat adipura untuk kategori taman kota terbaik tingkat nasional," kata H Sugiyarto seperti disampaikan Kabag Humas, Imanuel.

Lokasi taman di kabupaten yang menjadikan tamanan Gaharu sebagai "ikon" kabupaten tersebut dinilai sangat strategis karena berada di lingkungan perkantoran dan menjadi tempat tujuan wisata domestik, regional, dan mancanegara di masa mendatang.

"Ini sesuai program pemerintah daerah yang berupaya menyediakan fasilitas umum dalam bentuk sarana dan prasarana taman kota untuk masyarakat berlibur. Lokasi taman rusa ini diminati warga pada setiap hari libur," kata H Sugiyarto.

Keberhasilan meraih plakat Adipura ini menjadi penyemangat bagi pemerintah daerah dan seluruh jajarannya, terutama instansi terkait. Prestasi ini diharapkan bisa ditingkatkan sehingga dapat diraih penghargaan Adipura di masa mendatang, ujarnya.

Bupati Marukan bersama Wakil Bupati Sugiyarto mengajak kepala Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Pekerjaan Umum untuk merencanakan program-program strategis terkait tujuan meraih piala Adipura atau anugerah lingkungan lain ke depannya.

"Program tersebut antara lain pemanfaatan perencanaan untuk pengolahan sampah, pengelolaan bank sampah oleh masyarakat dan melakukan studi banding baik ke pusat maupun kekabupaten lain yang sudah pernah mendapatkan adipura," katanya.

Wabup Sugiyarto mengharapkan pejabat SKPD dan masyarakat bisa menjaga lingkungan bersih. dan kebersihan di lingkungan masing-masing, termasuk tempat pembuangan sampah harus dipilah dan diorganisir dalam pengelolaan sesuai peruntukannya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Ir Eldy mengatakan bahwa Kabupaten Lamandau masuk dalam lima kota yang mendapat penghargaan tersebut. Pembangunan taman kota itu sendiri disesuaikan dengan motto Kabupaten Lamandau, yaitu "Lamandau Kota Indah".

"Pastinya kita bangga dengan keberhasilan meraih penghargaan berupa plakat Adipura kategori taman Rusa ini. Kita perlu tetap berusaha lebih baik lagi di masa mendatang. Saya berharap kita bisa meningkatan kinerja di Dinas, berkaitan dengan anugerah Adipura ini," katanya.

Sementara Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum, Aprimeno Sabdey, ST, M. Si juga menyatakan rasa bangga dan bersyukur karena kerja keras yang dilakukan pemerintah daerah dan Dinas terkait selama ini membuahkan hasil berupa plakat Adipura.

"Penghargaan ini merupakan bukti bahwa kerja keras kita diapresiasi oleh pemerintah pusat, dan mari kita berupaya lebih baik lagi sehingga keinginan meraih piala Adipura dapat tercapai di masa mendatang," ujarnya.


(T.S019/B/Z002/Z002)