Sutransyah Lantik Pengurus PWI Lamandau

id Sutransyah Pengurus PWI Lamandau Dilantik, PWI, Lamandau, Kalteng

Sutransyah Lantik Pengurus PWI Lamandau

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Tengah H Sutransyah (Facebook H Sutransyah) Istimewa

Nanga Bulik (Antara Kalteng) – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Tengah H Sutransyah melantik pengurus PWI Kabupaten Lamandau periode 2013-2016 yang diketui Gandhi Nusantara di Nanga Bulik, Kamis.

Pada pelantikan tersebut dihadiri Bupati Lamandau Ir Marukan dan unsur Form Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), pejabat dinas, dan instansi serta pengurus PWI Provinsi dan Kabupaten yang terdapat banyak sumber daya alam tersebut.

Ketua PWI Sutransyah mengatakan, pengurus PWI Kabupaten yang dilantik tersebut merupakan perpanjangan tangan pengurus organisasi wartawan provinsi dalam melaksanakan program serta upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia wartawan di daerah itu.

Upaya peningkatan kualitas SDM wartawan kini dan masa mendatang sudah ditetapkan, yakni melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan setiap tahun. Sertifikasi ini merupakan salah satu cara peningkatan kualitas SDM wartawan, ujarnya.

Bupati Lamandau Ir Marukan menyatakan menyambut baik program peningkatan kualitas SDM wartawan yang dilakukan PWI, apalagi perkembangan dunia pers di kabupaten ini memerlukan upaya peningkatan kualitas sumber daya.

Dia mengaku mendukung keberadaan wartawan dan organisasi PWI  di kabupaten Lamandau karena media pers selalu menyampaikan informasipembangunan. Tanpa pers perkembangan dan kemajuan kabupaten Lamandau tidak akan terlihat seperti sekarang.

"Keberhasilan yang sudah dicapai ini bukan atas kerja saya, tapi atas kerja kita semua, serta tidak terlepas dari peran pers. Karenanya Pemda juga siap memfasilitasi dan bekerjasama dengan PWI di kabupaten Lamandau" jelasnya.

Sementara itu ketua PWI Kabupaten Lamandau yang baru saja di lantik, Gandhi Nuswantara mengatakan, kedepannya salah satu program kerja yang akan dilaksanakan adalah peningkatan kualitas SDM wartawan.
"Upaya ini akan kami lakukan dengan mengirim wartawan yang bertugas di Lamandau untuk mengikuti UKW yang dilaksanakan PWI Provinsi. Semua ini kami lakukan dalam upaya melahirkan wartawan yang kompeten di Lamandau," ujarnya.

Ini sesuai dengan tujuan standar kompetensi itu sendiri, diantaranya untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan. Hal ini menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers untuk menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik.

“Semua ini dilakukan untuk menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual. Kita juga berupaya menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan dan menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers," katanya.