Pemkab Lamandau Undang Kemendagri Paparkan Strategi Pembangunan

id Pemkab Lamandau Undang Kemendagri Paparkan Strategi Pembangunan , Lamandau

Pemkab Lamandau Undang Kemendagri Paparkan Strategi Pembangunan

Logo Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, (Istimewa)

Kami mengharapkan tenaga ahli dari Kementerian Dalam Negeri pusat bisa memaparkan secara kongkrit berbagai program pembangunan kepada pejabat SKPD...
Nanga Bulik, Kalteng, 29/10 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mengundang Kementerian Dalam Negeri untuk memaparkan strategi pembanguna lima tahun ke depan di daerah tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Lamandau Jalonsen Sinaga di Nanga Bulik Selasa mengatakan, pemaparan yang disampaikan Kementerian Dalam Negeri akan dijadikan masukan berharga bagi upaya kemajuan pembangunan di masa mendatang.

Dia mengatakan, pembekalan tersebut yang diikuti Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) itu diharapkan dapat menyamakan persepsi terkait program pembangunan di masa mendatang.

"Kami mengharapkan tenaga ahli dari Kementerian Dalam Negeri pusat bisa memaparkan secara kongkrit berbagai program pembangunan kepada pejabat SKPD, sehingga penyusunan rencana strategis pembangunan daerah 2013-2018 berjalan sesuai harapan," katanya.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat membuka pandangan terhadap peserta yang mengikuti pembekalan nanti sehingga pejabat di lingkungan pemerintah lebih memahami strategi penyusunan program pembangunan di masa mendatang.

Pemaparan itu diharapkan mencakup program pembangunan pemerintah pusat, provinsi, kota dan kabupaten sehingga lebih terkoordinasi dan sinkronisasi dalam menyamakan pandangan dalam penyusunan perencanaan pembangunan lima tahun ke depan.

Sekretaris Daerah Lamandau, Arifin LP Umbing mengatakan bahwa kegiatan tersebut sesuai dengan Peraturan Dalam Negeri No.54 Tahun 2010 tentang perencanaan strategis pembangunan daerah.

"Harapan kami kualitas perencanaan di Kabupaten Lamandau bisa semakin baik dan terarah di masa mendatang. Kami yakin, narasumber yang diharapkan tenaga ahli dari Kemendagri itu dapat memberi masukan bagi kemajuan pembangunan di Lamandau," ujarnya.

Dia menyatakan yakin bahwa narasumber akan menyampaikan isu-isu strategis dalam penyusunan perencanaan pembangunan di Indonesia, dan pesertanya nanti dapat menyerap berbagai pengetahuan yang disampaikan narasumber tersebut.

Isu strategis perlu diperhatikan dalam perencanaan pembangunan daerah karena dampaknya signifikan bagi daerah dengan karakteristik penting, mendasar, mendesak, berjangka panjang, dan menentukan tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah di masa mendatang.

Oleh sebab itulah perencanaan strategis di Lamandau 2013-2018 harus betul-betul memanfaatkan sumber daya sebagai salah satu upaya meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten tersebut.



(T.KR-RON/C/S019/S019)